Senin, 09 Januari 2017

4 Panduan Dalam Membina Keluarga Bahagia

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai keluarga bahagia? Terlebih lagi jika Anda baru membina mahligai pernikahan. Pasti membayangkan mempunyai keluarga bahagia dan hidup dengan penuh kesenangan. Namun, prakteknya untuk membina keluarga bahagia, bukan hal yang mudah. Untuk mewujudkannya harus ada kerjasama antar pasangan. 
ilustrasi keluarga bahagia, foto:wom.my

Jika kerjasama antar pasangan terjalin dengan baik, maka perhatikan anak-anak. Jangan hanya memenuhi kebutuhan pasangan saja, tapi juga penuhi apa yang anak-anak butuhkan. Hindari berpikir anak akan bahagia, jika orang tuanya bahagia. Karena sebenarnya kebahagiaan orang tua belum tentu menyenangkan bagi anak. Hindari memaksakan kehendan Anda kepada anak. Untuk bisa membina keluarga bahagia, ikutilah panduang di bawah ini!

Berikan contoh yang baik kepada anak-anak

Kebanyakan diantara kita hanya menyuruh anak untuk melakukan hal-hal yang baik. Tapi, kita tidak memberikannya contoh. Misalnya, menyuruh anak untuk berbicara sopan kepada orang yang lebih tua. Tapi, kita sendiri tidak pernah mengajari anak-anak. Bagaimana mungkin dia bisa melakukannya tanpa diajarkan oleh orang tua? Nah, untuk menjadi keluarga bahagia, Anda harus menjadi tauladan baik bagi anak. 

Mengawasi setiap aktvitas anak-anak

Mengawasi bukan berarti selalu mengikuti kemana saja anak pergi. Tapi, cukup tahu apa yang dilakukannya dan berikan dia petunjuk dalam beraktivitas. Beri tahu mana yang benar dan mana yang salah. 

Mencurangkan kasih sayang dan meluangkan waktu bersama keluarga
Waktu yang berkualitas adalah satu hal yang penting untuk membentuk keluarga bahagia. Setiap minggu, luangkanlah waktu berasama keluarga dan curahkan seluruh kasih saya Anda kepada anak-anak. Di waktu tersebut, jangan singgung tentang kerjaan atau yang lainnya, tapi fokuslah pada anak. Tanya apa kegiatannya, apa yang diinginkan dan beri arahan dalam setiap tindak tanduknya. 

Memberikan pendidikan Dunia, Agama dan Moral kepada anak-anak

Memberikan pendidikan termasuk cara membina keluarga bahagia yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Sekarang ini banyak orang tua yang hanya mementingkan diri sendiri dan mengabaikan kebutuhan anak. Anda harus mendorong anak untuk menjalani pendidikan untuk keperluan di dunia dan akhirat. Selain itu, pendidikan moral juga penting dan sangat bermanfaat bagi kehidupan anak dimasa depan. 

Ketika semua pendidikan terpenuhi, maka anak akan berperilaku baik dan berpikir atas apa yang ingin dilakukannya. Dia tahu bagaimana cara bersikap kepada orang tua dan semua orang yang ada dilingkungannya. 

Sikap saling menghormati antar anggota keluarg dan komunikasi yang baik juga sangat harus dilakukan jika menginginkan keluarga bahagia.


EmoticonEmoticon